Selasa, 03 April 2012

Pesawat Kertas Akhirnya Terbang



"The Great Paper Airplane Project" yang diadakan oleh Pima Air Space and Space Museum di Tucson, Arizona, AS, berhasil menerbangkan pesawat kertas raksasa yang tealh dibuatnya.

Pesawat berhasil terbang pada Rabu (21/3/2012) lalu setelah dibawa oleh helikopter hingga ketinggian 824 meter kemudian diluncurkan. Pesawat terbang selama 7-10 detik dengan kecepatan mencapai 160 km per jam.

Pesawat kertas yang diterbangkan memiliki berat 363 kg dan panjang 13,7 meter dan lebar sayap 7,3 meter. Keberhasilan penerbangan adalah tujuan proyek untuk menarik minat pelajar pada sains dan rekayasa.

Diberitakan Physorg, Selasa (27/3/2012), pesawat kertas raksasa yang berhasil diterbangkan diberi nama Arturo's Desert Eagle. Nama diambil dari nama desainernya, Arturo Valdenegro, yang masih seorang siswa kelas VII di Santa Cruz Catholic School.

Pada bulan Januari yang lalu, Valdenegro memenangkan penghargaan karena bisa membuat pesawat kertas yang bisa terbang hingga ketinggian 22 meter.
Setelah memenangkan penghargaan, Valdenegro terbang ke Los Angeles untuk bekerja sama dengan Art Thompson, insinyur yang terlibat desain B-2 Stealth, untuk membuat Arturo's Desert Eagle.

Arturo's Desert Eagle berhasil terbang pada percobaan kedua. Pada percobaan sebelumnya, pesawat kertas raksasa menabrak dan sayapnya terlipat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar